14 November 2009

Studi dan Implementasi Steganografi pada Video Digital
di Mobile Phone dengan DCT Modification

Abstraksi

Keamanan dalam pengiriman informasi merupakan salah satu faktor penting yang harus dijaga, apabila isi dari informasi tersebut tidak boleh diketahui oleh pihak luar. Salah satu teknik yang dapat dipakai untuk menangani hal tersebut adalah steganografi. Steganografi merupakan ilmu dan seni yang mempelajari cara penyembunyian informasi rahasia ke dalam suatu media sedemikian sehingga manusia tidak dapat menyadari keberadaan pesan tersebut.

Pada Tugas Akhir ini, dilakukan studi mengenai bagaimana steganografi pada media
video digital. Video yang digunakan memiliki format 3GP dan codec H.263, maka dilakukan juga studi terhadap bagaimana representasi video dan codec ini terlebih dahulu. Kemudian dilakukan juga implementasi terhadap hasil studi beserta analisis yang telah dikerjakan. Perangkat lunak yang dikembangkan pada Tugas Akhir bernama XGP, dan memiliki fungsi utama untuk melakukan steganografi pada media video 3GP. Metode yang digunakan adalah DCT Modification, yaitu melakukan perubahan terhadap koefisien DCT pada video sesuai dengan pesan masukan. Perangkat lunak ini dibangun pada perangkat mobile phone yang mendukung aplikasi Java dengan konfigurasi CLDC 1.1 dan MIDP 2.0. Kakas pembangun yang digunakan adalah Java 2 Micro Edition, dengan IDE NetBeans, dan emulator Sun Java Wireless Toolkit.

Perangkat lunak XGP telah dikembangkan dengan baik, dan dapat menjalankan semua fungsinya dengan benar. XGP dapat melakukan penyisipan pesan ke dalam video 3GP, dan dapat mengekstraksi pesan tersebut dengan kunci yang sama. Pengujian telah dilakukan baik pada emulator maupun perangkat mobile phone.

Kata kunci: steganografi, DCT, video 3GP, mobile phone

Download :

1 komentar:

  1. mas..mohon bantuannya ,,saya ambil TA dengan judul ini..untuk perangkat lunak yang dibuat boleh saya minta sourcecode nya ???kirimkan ke email esa.4gung@yahoo.com...terimakasih banyak mas..

    BalasHapus