07 April 2009

Analisis Pemenuhan Carrier Grade Linux Standar pada Aspek Availability
di Fedora 7


Abstraksi

Carrier Grade Linux merupakan spesifikasi yang dibangun oleh Open Source Development Labs (OSDL) agar suatu sistem operasi Linux dapat dikatakan sebagai “Carrier Grade Operating System”. Carrier Grade adalah istilah yang digunakan pada industri telekomunikasi untuk mengacu pada perangkat yang memiliki karakteristik / ketersediaan dan performansi yang diperlukan oleh perusahaan Carrier (penyedia jasa telekomunikasi). Sistem operasi yang mendukung Carrier Grade kebanyakan bersifat komersial. Walaupun sistem operasinya banyak bersifat komersil namun beberapa modul yang mendukung CGL standar dapat diperoleh secara bebas. Dengan demikian dapat dikembangkan suatu sistem operasi non-komersil yang dapat mendukung CGL standar.

CGL versi 4.0 terdiri atas 7 aspek, yaitu Availability, Clusters, Serviceability, Performance, Standards, Hardware, dan Security. Aspek Availability dapat digolongkan 4 kelompok; robust software, on-line operation, monitoring, and redundancy. Dari tiap kelompok dapat diambil satu kebutuhan untuk dilakukan pengujian. Pengujian yang dilakukan terhadap 5 kebutuhan yaitu; Force Unmount, Robust Mutexes, Low Memory Condition Monitoring, Low Memory Condition Monitoring Notification, dan Ethernet Bonding.

Fedora merupakan salah satu distro Linux yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi CGOS. Pada tugas akhir ini telah dilakukan pengujian terhadap sistem operasi Fedora 7, untuk melihat kebutuhan CGL yang dapat dipenuhinya. Pada tugas akhir ini telah diuji sebanyak 27 kasus atau prosedur pengujian baik pada layer kernel maupun user space. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Fedora 7 mampu memenuhi 4 kebutuhan yaitu; Force Unmount, Low Memory Condition Monitoring, Low Memory Condition Monitoring Notification, dan Ethernet Bonding. Kebutuhan yang tidak mampu dipenuhi adalah Robust Mutexes. Hal ini menunjukkan bahwa Fedora 7 cukup berpotensi untuk dikembangkan menjadi Carrier Grade Operating System.

Kata Kunci : Carrier Grade Linux, Availability, Fedora

Download :

Bab 1

Bab 2

Bab 3

Bab 4

Bab 5

Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar